Saturday, August 30, 2008

JAWABAN SOAL UJIAN E- BUSINESS 2008

HTML clipboardSoal Tipe A

Nomor. 1

a). Definisi E-Business diartikan secara sempit sebagai transaksi jual beli produk, jasa dan informasi antar mitra bisnis lewat jaringan computer, termasuk internet. Sedangkan E-Business mengacu pada lingkup yang lebih luas dan mencakup layanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, dan transaksi elektronik dalam sebuah organisasi.
Komponen E-Business
1). Electronic Data Interchange (EDI) didefinisikan sebagai pertukaran data komputer antar berbagai bidang organisasi atas sutau informasi terstrruktur dalam format yang standardan bisa diolah oleh komputer.
2). Digiatal Currency dimaksudkan untuk memungkinkan user memindahkan dananya secara elektronik dalam lingkungan kerja tertentu.
3). Electronic Catalogs (e-catalog) telah berada pada aplikasi komersil yang dirancang untuk internet dan merupakan komponen utama dari sistem e-commerce. E- Catalog merupakan antar muka grafis yang umumnya berbentuk halaman WWW dimana menyediakan informasi tentang penawaran produk dan jasa.
4). Intranet dan Extranet , umumnya intranet digambarkan hanya sebagai web server didalam perusahaan(internal), padahal sebenarnya intranet hanyalah kumpulan web site yang dimiliki oleh suatu kelompok (biasanya perusahaan) yang diakses hanya oleh anggota kelompok anggota tersebut. Sedangkan extranet merupakan area tertentu ari internet yang biasa diakses oleh kelompok diluar anggota kelompok internet, tapi dengan otorisasi tertentu.

b). Portal adalah Web site atau lain yang menyediakan poin inisial entri untuk Web data perusahaan internal. Yahoo! Adalah satu contoh. Ia menyediakann direktori informasi pada Internet bersamaa dengan berita, olah raga, cuaca, irektori telepon. Map, game, belanja, e-mail, dan layanan lainnya. Juga ada portal khusus untuk membantu pengguna mengenai minat tetertu. Misalnya, StarMedia adalah portal terkustomasi milik pengguna Internet dari Amrika Latin.
Portal bisa dipandang sebagai pintu gerbang/pintu elektronik kedalam sebuah perusahaan. Portal bisa meningkatkan produktifitas pekerja, karena dengan portal pekerja bisa mengakses infomasi penting dan berkolaborasi satu sama lain, dan bisa meningkatkan kinerja bisnis jika dirancang dan dipikirkan dengan matang. Dalam merancang sebuah portal yang perlu diperhatikan yaitu : Isi, Pengguna, Personalisasi, Dukungan kolaborasi, Kemudahaan penggunaan, Pembaruaan dan pengeditan, Pengelolaan dan administrasi, Keuntungan dan biaya yang dikeluarkan.

d). Multi-tiered Web Site Architecture
Multi-tier architecture: Web server is linked to a middle-tier layer that typically includes a series of application servers that perform specific tasks, as well as to a backend layer of existing corporate systems
Situs web Multi-tiered Architecture
Arsitektur multi-tingkat: Web server dihubungkan pada satu lapisan tingkat-pertengahan yang secara tipikal meliputi satu rangkaian server aplikasi yang melakukan tugas spesifik, demikian pula pada satu lapisan backend sistem korporat yang sudah ada.

Multi-tier E-commerce Architecture



Soal Tipe B

Nomor 2

Analisis Web site Craglist.org
a) Layanan yang ditawarkan adalah jaringan organisasi yang menawarkan berbagai jasa lewat internet.
b) Value proposition
c) Site generate revenue adalah mendapatkan penghasilan melalui trannsaksi lewat internet.
d) Apakah site tersebut partering dengan provider layanan atau produk komplementer? Sebutkan yang mana (partner dan produk)?. Dalam menyelenggarakan lewat internet dengan bekerja sama dengan berbagai dari beberapa negara.
Analisis Web site Epinions.com
a). Layanan yang ditawarkan adalah penjualan produk lewat internet
b). Value proposition
c). Site generate revenue adalah mendapat keuntungan penjualan lewat internet .
d). Apakah site tersebut partering dengan provider layanan atau produk komplementer? Sebutkan yang mana (partner dan produk)
adalah bekerja sama dengan penyediaan produk (suppliier dari berbagai produk
Menurut pendapat kami yang berbeda dari kedua site ini adalah
Craglist.org melakuakan bisnis bergerak bidang jasa . Epinions.com melakukan bisnis lewat internet bergerak bidang barang berupa fisik.

Nomor 3
a). Empat peran four intermediaries dalam business adalah
• Pintu gerbang - pusat (hub) Central untuk isi secara online
• Pembuat pasar – para perantara dimana mengumpulkan tiga layanan untuk peserta pasar
– Sebuah tempat untuk berdagang
– Atur untuk mengurus/memerintah perdagangan
– Satu infrastruktur untuk mendukung perdagangan
• Infomediary – menyediakan informasi khusus atas nama produsen [dari] barang-barang dan layanan serta pelanggan potensial mereka
• Penyedia layanan Aplikasi – menjual akses ke perangkat lunak Internet-based aplikasi kepada perusahaan lain
b). “Pada zaman internet maka peran intermediaries akan menghilang”.
Pendapat pro dan kontra pernyataan di atas menurut kami tidak akan menghilang karena :
• Para perantara – agen, perangkat lunak, atau bisnis yang membawa para pembeli dan penjual yang bersama-sama itu menyediakan satu infrastruktur perdagangan untuk meningkatkan e-business
• Reintermediation – menggunakan Internet untuk mengumpulkan kembali pembeli, penjual, dan mitra lain dalam satu rantai suplai tradisional di/dalam cara baru
• Penyedia Isi – perusahaan dimana menggunakan Internet untuk mendistribusikan isi copyrighted, mencakup berita, musik, games (pertandingan), buku, film/bioskop, dan banyak jenis lain [dari] informasi
• Perantara Secara online – para perantara antara para pembeli dan penjual [dari] barang-barang dan layanan

Nomor 4
a). Protokol adalah sejumlah atturan yang menentukan bagaimana dua buah komputer atau lebih saling berkumunikasi(seperti halnya jabat tangan antar dua orang untuk saling berkumunikasi).
b). Internet atau Interconection Network adalah jaringan antar komputer di seluruh dunia yang berkumunikasi antara satu dengan yang lain.
Internet adalah sumber informasi, media komunikasi dn media transaksi yang bisa berlaku secara global.
Awalnya dikembangkan oleh kalangan akademisi dan militer Amerika Serikat untuk kepentingan riset (science) dan intelejen pada tahun 1969.
Saat ini, internet sudah dipai oleh semua kalangan untuk berbagai keperluan dan hapir bisa diakses dimana saja.
c). Alamat Internet Protokol (IP) adalah empat angka unik yang mengindikasi lokasi unik komputer pada internet.
d). Domain adalah alamat induk situs di internet
e). Nama Domain adalah nama yang menunjukkan suatu titik koneksi unik pada internet.
f). Domain Name System adalah sisem hierarkis dari server yang menyimpan database untuk mengaktifkan konversi dari nama domain ke alamat IP-nya.
g). Webhosting adalah layananpemeliharaan komputer server Web atau serangkaian server dengan biaya tertentu. Perusahaan yang terdaftar sebagai pelanggan bisa membuat sendiri halaman Webnya atau memperolehnya dari layanan Web hosting
h).Database layer adalah
i). Aplication Layer adalah

Nomor 5
Youngme Moon dalam artikelnya “ Interactive Tecnologies and Relationship Marketing Stretegies “ mengupas 4 metode kustomisasi sebagai bagian dari marketing mix dalam lingkungan Internet yaitu Strategic Alliance; Personalization, Data mining and Colaborative Filtering serta Custumus Service.

Nomor 6

Perbedaan Antara B2B EC dan B2C EC

No. Karakterestik Platform B2C EC Platform B2B EC
1

Manajemen infomasi pembeli dilokasi pembeli untuk diintegrasikan dengan informasi korporat

- Informasi pembeli disimpan di server penjual.

- Mendukung tata buku terbatas.

- Biasanya mengguna

kan teknologi Web menggunakan thin client.

- Informasi pembeli harus disimpan di server pembeli untuk diitegrasikan dengan sistem informasi pembeli, seperti intranet, aliran kerja, dan ERP.

- Diperlukan tata buku yang lengkap.

- diperlukan teknologi Web dengan thieck client. Jawa dan external Helper Programs di PC klinen sangat diperlukan.
2

Comparison shopping dengan e-cart milik pembeli.

- Pelanggan harus mengunjungi banyak email.

-Setiap e-mail mewajibkan pelanggan untuk menggunakn shoping bag dan digital wallet yang sesuai.

- Software agent membantu proses pencarian.

- Setiap e-mail memiliki registrasi keaanggotaan

pelanggan.

- Arsitekur metamalls dibutuhkan pelanggan untuk mengurangi upaya mengunjungi banyak situs.

- Shopping bag dan digital wallet standar yang bisa bekerja secara independen dibutuhkan.

- Coparison shopping perlu diperlakukan sebagai dukungan keputusan kriteria berganda.

- Shared custumer membership diperlukan

Dalam rangka memungkinkan perbandingan berbagaie-mallsdengan regestrasi tunggal .

3

Pengiriman Just-In-Time.

- Ketersediaan tidak dipajang.

- waktu pengiriman tidak tepat waktu.

- Sistem pemesanan terpisah dari sistem sediaan

-Ketersediaan sediaan secara dinamis harus diinformasikan kepada pelanggan.

- Waktu pengiriman yang tepat harus secara dinamis dikonfirmasi kan pada saat pemesanan.

- Integrasi pesanan dengan sediaan, skedul produksi, dn sistem penjadwalan pengiriman merupakan faktor esensial.
4

Direktori berorentasi pembeli.

- Direktori berorentasi penjual lebih populer.

- Motivasi utama dari EC adalah promosi penjualan.

- Direktori berorientasi penjual dan berorientasi pembeli sama-sama dikembangkan.

- Bagi pembeli kelas kakap, direktori berorentasi pembeli harus ditawarkan.

- Motivasi tambahanya

Adalah merekayasa ulang proses akusisi.

-direktori perantara dibutuhkan untuk menkoordinasikan direktori berorientasi penjual pembeli.

5

Kontrak formal dengan proses tender.

- Pemesanan tanpa kontrak formal sudah cukup memadai untuk pemenuhan pesanan

- Protokol kontrak gratis.

- Versi elektronik dari tender dan lelang tradisonal diiplementasikan.

- Diperlukan kontrak formal dengan duokumen-dokumen elektronik yang mencakup pula persyaratan dan kondisi spesifik.

- Protokol kontrak yang syah harus dikonfirmasikan.

- Protokol kontrak yang lebih kreatif bisa dirancang.

6

Keputusan pembelian organisasional.

- Pembelian merupakan keputusan pembeli individual.

- Proses kepusan pembelian tidak membutuhkan koordinasi.

- Pembelian merupakan keputusan pembeli organisasional.

- Keputusan pembelian didasarkan pada kombinasi dari syinchronous group decision

7

Agent-based commerce.

- Individu terlibat secara interaktif dalam kepusan pembeliaan.

- Software Agent di situs tertentu mungkin tidak memahami norma agent mitra bisnisnya.

- Pembeli harus menjelajahi catalog produk penjual.

- Data mining penjual lebih popular.

- Software Agent s pembeli dan penjual membantu komunikasi untuk meminimisasi keterlibatan individu.

-Kesessuaian tipe kontrak yang saling disepati sangat diperlukan untuk membangun komunikasi yang harmonis di antara para agen.

- Agen penjual membantu proses konfigurasi berdasarkan spesifikasi kebutuhan pembeli.

- Data mining pembeli juga tak kalah pentingnya.

8 Pembayaran dalam jumlah besar secara aman

- Kartu kredit sangat popular, dimana biaya bagi penjual relative tinggi.

- Electronic chek dan Electronic Fund bakal poppuler. Biaya biasanya dibebankan pada pembeli. Faktor-faktor yang akan semakin menjadi perhatian adalah keamanan. Sertifikasi, dan non-rediation.

No comments: